Langsung ke konten utama

[Review Variety Show] Village Survival. The Eight

Village Survival, The Eight (Michuri 8 – 1000) adalah variety show dari Korea Selatan dimana 9 orang artis dari berbagai genre, termausk pembawa acara, ditempatkan di sebuah desa yang penuh dengan misteri. Mereka akan tinggal bersama selama 24 jam (2 hari 1 malam) untuk memperebutkan hadiah uang sebesar $10.000 yang tersembunyi di desa tersebut. Dalam 24 jam mereka harus menemukan lokasi dimana hadiah uang tersebut disembunyikan dengan cara memecahkan petunjuk yang ada dengan menggunakan benda-benda yang diberikan. Setiap benda memiliki petunjuknya masing-masing, jadi untuk memecahkan petunjuknya mereka harus menggunakan benda yang tepat. Total ada 8 petunjuk dari 8 benda, dimana setiap orang akan dibekali 1 benda yang mereka pilih masing-masing saat tiba di desa tersebut dan mereka dapat memiliki benda lainnya dengan cara memenangkan permainan/kuis yang dipandu oleh pembawa acara.

Village Survival, The Eight sudah berjalan selama 2 musim. Setiap musim terdiri dari 6 episode dimana 1 sesi (24 jam) terbagi menjadi 2 episode. Jadi total ada 3 sesi dimana para artis ini akan memperebutkan uang sebesar $10.000 dalam 1 musim. Secara keseluruhan jalan cerita setiap sesi sama, dibuka dengan datang ke rumah dimana mereka akan tinggal di desa lalu menyiapkan makan siang, bermain game, menyiapkan makan malam, bermain game, berkeliling desa mencari dan memecahkan petunjuk, tidur, bangun, bermain game, sarapan, dan ditutup dengan mengungkapkan apakah uang tersebut berhasil ditemukan dan siapa yang menemukannya. Jika ada yang berhasil memecahkan petunjuknya dan menemukan uang $10.000 maka dia harus memberi tahu pembawa acara sebelum sesi berakhir dan peserta lain tidak boleh mengetahuinya. Karena di akhir acara jika uang ditemukan oleh seseorang maka peserta lainnya memiliki kesempatan untuk menebak siapa yang menemeukan uang tersebut dengan metode voting. Pemilik suara terbanyak akan diadili, jika hasil voting menunjukkan orang yang salah maka uang tersebut menjadi milik orang yang menemukannya. Namun jika benar maka hadiah uang tersebut tidak jadi diberikan ke yang menemukan tapi disumbangkan.

Season 1 (2018)

Pembawa acara:
Yoo Jae-suk
Peserta:
Im Soo-hyang, Song Kang, Kim Sang-ho, Kang Ki-young, Jang Do-yeon, Son Dam-bi, Yang Se-hyung, Kim Jennie (Blackpink)

Peserta yang menemukan uang $10.000 yang disembunyikan akan diberi pilihan apakah ingin mengambil uangnya saat itu juga atau menyimpan uangnya untuk sesi berikutnya dan berkesempatan mendapatkan $20.000. Jika dia memilih untuk menyimpannya maka tidak akan ada proses voting dan di sesi berikutnya dia yang akan menyembunyikan uang tersebut. Jika uangnya ditemukan oleh peserta lain maka peserta yang menemukan akan mendapatkan uang $10.000 itu namun jika tidak ada yang berhasil menemukannya maka dia akan mendapatkan $20.000.

Season 2 (2019)

Pembawa Acara:
Yoo Jae-suk
Peserta:
Yang Se-hyung, Kim Sang-ho, Im Soo-hyang, Son Dam-bi, Kang Ki-young, Song Kang, Jang Do-yeon

Bintang Tamu:
Jeon So-Min, Yeonwoo (Momoland), Son Na-eun (Apink)

Jalan cerita Village Survival, The Eight season 2 hampir sama dengan season 1 namun dengan beberapa perubahan. Pertama, tidak adanya Jennie (Blackpink) dalam daftar peserta artis di season 2 dan digantikan oleh bintang tamu yang berbeda setiap sesinya. Perubahan kedua ada pada aturan main. Pada season 1 hadiah uang disembunyikan oleh tim produksi acara dan jika tidak ditemukan maka uang tersebut akan kembali ke tim produksi. Sedangkan di season 2, hadiah uang $10.000 akan disembunyikan oleh salah satu peserta yang dipilih. Jika berhasil ada yang menemukannya maka uang tersebut menjadi milik orang yang menemukannya sedangkan jika tidak berhasil ditemukan maka uang tersebut akan menjadi milik orang yang menyembunyikannya. Dengan begitu sudah pasti tim produksi harus mengeluarkan uang hadiah setiap sesinya.

Apakah ini variety show dengan genre misteri atau detektif? Ya, benar. Namun tidak hanya ketegangan saja yang ditampilkan dalam proses pencarian hadiah uang tapi juga ada komedinya disetiap permainan yang membuat variety show ini semakin menarik. Selain itu, kita juga dapat belajar memasak dan mengetahui resep-resep makanan korea selatan yang ditampilkan cukup detail saat mereka menyiapkan makan. Namun bagi penonton yang tidak mengerti bahasa, kebiasaan, adat atau budaya korea selatan mungkin akan merasa kurang relatable dan kesulitan untuk ikut menebak petunjuknya karena petunjuk-petunjuk tersebut berkaitan erat dengan kebudayaan korea selatan.

Village Survival, The Eight season 1 dan 2 dapat disaksikan di viu.com dan cuplikan-cuplikannya dapat dilihat melalui Youtube.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review Film] The Visit

Kisah kakak dan adik yang pergi berlibur selama satu minggu ke rumah kakek dan nenek mereka untuk pertama kalinya. Namun baru beberapa jam setelah sampai di rumah kakek dan neneknya, mereka merasakan keanehan dengan perilaku kakek dan nenek mereka yang membuat mereka berdua ketakutan. Akhirnya mereka memutuskan untuk pulang lebih cepat karena mereka takut tidak bisa pulang kembali.

[Review Film] Fifty Shades of Grey

Anastasia Steele (Dakota Johnson), perempuan lugu, polos, dan pintar harus menggantikan temannya Kate (Eloise Mumford) yang sedang sakit untuk melakukan wawancara dengan seorang pengusaha sukses, Christian Grey (Jamie Dornan). Keduanya saling tertarik sejak pertemuan wawancara tersebut. Namun, Ana harus menghadapi sifat Mr. Grey yang tidak romantis dan senang mengendalikan. Selain itu, ternyata Mr. Grey memiliki sisi lain yang membuat Ana terkejut.

[Review Buku] Sabtu Bersama Bapak

Buku karangan Adhitya Mulya ini mengajarkan banyak hal terutama tentang keluarga. Banyak pelajaran yang bisa diambil serta membuka mata dan pikiran akan sesuatu yang mungkin tidak kita pikirkan. Sekilas kehidupan tokoh utama terlihat bahagia dan sempurna terutama dari sisi ekonomi walaupun ada duka yang mendalam di awal cerita. Yang menarik justru bukan kesempurnaan itu tetapi apa yang terjadi dibalik kesempurnaan dan kebahagian yang mereka dapat, bagaimana prosesnya, persiapannya dan langkah yang diambil untuk mencapai kebahagiaan. Dan yang paling menonjol dalam cerita ini adalah sifat kekeluargaan yang memperingatkan kita bahwa betapa pentingnya keluarga.