Langsung ke konten utama

[Review Single] How You Like That - Blackpink


How You Like That adalah single dari Blackpink yang dirilis pada 26 juni 2020. Single ini merupakan pre-release single pertama Blackpink sebelum merilis full album pertama mereka tahun ini.

Kalian pasti sudah tahu siapa Blackpink bukan? Jika masih ada yang belum tahu siapa Blackpink, kenapa kalian bisa baca postingan blog ini?! Ok, buat yang belum tahu Blackpink adalah girl group asal korea selatan dan merupakan girl group paling populer di dunia saat ini. Bahkan menurut saya, Blackpink adalah girl group no.1 di dunia untuk saat ini.


Blackpink comeback setelah 1 tahun 2 bulan dengan single sebelumnya yang berjudul Kill This Love di tahun 2019. Awalnya mereka berencana untuk comeback pada awal tahun 2020 tetapi karena adanya pandemi dan hal lain sebagainya rencana comeback diundur pada bulan September. Mereka akan comeback dengan full album di bulan September dan merilis 2 pre-single pada bulan Juni dan Juli/Agustus. Lagu-lagu pre-single ini nantinya akan termasuk di dalam full album mereka. Tidak hanya itu, para member Blackpink yang belum pernah merilis single solo juga dijadwalkan akan debut solo dengan merilis single setelah mereka selesai dengan album Blackpink sebagai group. Pada bulan Mei lalu mereka juga melakukan pemanasan dengan berkolaborasi bersama Lady Gaga. Lagu Sour Candy termasuk di album Chromatica Lady Gaga.

 

How you like that ditulis dan diproduksi oleh Teddy, Danny Chung, R. Tee dan 24. Melalui lagu ini Blackpink ingin menyampaikan pesan positif dan harapan agar orang-orang dapat tetap kuat walaupun mereka menghadapi situasi yang sulit. Berikut lirik lagu How You Like That dalam bahasa inggris.

I crumbled before your eyes
Hit rock bottom and sunk deeper
To grab onto the last bit of hope
I’ve tried to reach out with both of my hands

Again in this dark place, light up the sky
While looking into your eyes, I’ll kiss you goodbye
Laugh all you want while you still can
Because it’s about to be your turn 1, 2, 3

Ha how you like that?
You gon’ like that that that that that
How you like that?
How you like that that that that that

Now look at you now look at me
Look at you now look at me
Look at you now look at me
How you like that

Your girl need it all and that’s a hundred
10 out of 10 I want what’s mine
Karma come and get some
I feel bad but there’s nothing I can do
What’s up, I’m right back
Cock back the trigger
Plain Jane get hijacked
Don’t like me? Then tell me how you like that

In this even darker place shine like the stars
With a smile on my face I’ll kiss you goodbye
Laugh all you want while you still can
Because it’s about to be your turn 1, 2, 3

Ha how you like that?
You gon’ like that that that that that
How you like that?
How you like that that that that that

Now look at you now look at me
Look at you now look at me
Look at you now look at me
How you like that

The day i fell without my wings
Those dark days where I was trapped
You should’ve ended me when you had the chance
Look up in the sky it’s a bird it’s a plane

Bring out the boss bitch

BLACKPINK!

How you like that
You gon’ like that
How you like that

Jika kita lihat dari liriknya, bagian awal lagu ini menceritakan tentang kelemahan atau keterpurukan lalu menunjukkan usaha untuk bangkit kembali. Di bagian hook menunjukkan bahwa berhasil melalui keterpurukan dan bangkit lalu show off kepada yang menjatuhkannya. Bagian rap memberitahu bahwa dia kembali dengan lebih kuat dan pada bagian bridge lebih ditekankan lagi bahwa saat ini dia berdiri dengan kekuatan yang besar. Bisa dikatakan kurang lebih lagu ini tentang sweet revenge, dimana dia berhasil balas dendam dengan menunjukkan keberhasilan atas usahanya. Itu merupakan interpretasi saya terhadap lagu ini, kalau menurut kalian bagaimana? Apakah sama?


Seperti music video Blackpink sebelumnya, mereka memiliki produksi yang luar biasa. Hal itu terlihat dari banyaknya stage set dan costume set yang digunakan dalam music video ini. Konsepnya tidak hanya bagus secara visual tapi juga memiliki kesinambungan dengan lirik lagu. Bahkan salah satu kostum yang digunakan mendapat banyak apresiasi karena mengangkat pakaian tradisional Korea Selatan namun dengan desain lebih modern. Dan seperti biasa terdapat pesan-pesan tersembunyi yang tersemat baik itu melalui properti, kostum ataupun make up. Buat yang tahu bisa langsung tulis di kolom komentar ya.

Dalam waktu 24 jam setelah dirilis How You Like That telah mendapatkan berbagai prestasi dan memecahkan rekor, baik untuk lagu ataupun music video. Tidak hanya di Korea Selatan saja tapi juga diberbagai negara dan dalam skala internasional. Mereka berhasil memuncaki tangga lagu di berbagai platform musik seperti iTunes, Spotify dan Melon. Music video-nya juga berada di trending no.1 dan memecahkan berbagai rekor di Youtube, diantaranya The most streamed music video premiere (1.65 million views), The most viewed music video in 24 hours dan The fastest music video to reach the 100 million views.

Walaupun sudah memiliki ekspektasi terhadap single How You Like That tapi saya masih bisa tetap senang dan kagum saat mendengar lagu dan melihat music video-nya, bahkan setelah diulang-ulang. Ditengah kekaguman dan kesenangan saat menonton music video premiere-nya saya masih bisa mendapatkan elemen kejutan. “bring out the boss bitch” and “blackpink” dibagian dance break atau akhir adalah elemen kejutan buat saya. Walaupun bagian “blackpink” sudah ada di teaser tapi entah kenapa saya tetap terkejut. Selain menambahkan kesan badass saya bisa merasakan perbedaan vibe sebelum dan sesudah teriakan “blackpink” baik di dalam musiknya ataupun video musiknya. Jika di music video dapat dilihat sebelumnya background berwarna hitam lalu berubah menjadi berwarna pink. Kalau kamu, apakah ada elemen kejutan yang kamu rasakan?

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review Film] The Visit

Kisah kakak dan adik yang pergi berlibur selama satu minggu ke rumah kakek dan nenek mereka untuk pertama kalinya. Namun baru beberapa jam setelah sampai di rumah kakek dan neneknya, mereka merasakan keanehan dengan perilaku kakek dan nenek mereka yang membuat mereka berdua ketakutan. Akhirnya mereka memutuskan untuk pulang lebih cepat karena mereka takut tidak bisa pulang kembali.

[Review Film] Fifty Shades of Grey

Anastasia Steele (Dakota Johnson), perempuan lugu, polos, dan pintar harus menggantikan temannya Kate (Eloise Mumford) yang sedang sakit untuk melakukan wawancara dengan seorang pengusaha sukses, Christian Grey (Jamie Dornan). Keduanya saling tertarik sejak pertemuan wawancara tersebut. Namun, Ana harus menghadapi sifat Mr. Grey yang tidak romantis dan senang mengendalikan. Selain itu, ternyata Mr. Grey memiliki sisi lain yang membuat Ana terkejut.

[Review Buku] Sabtu Bersama Bapak

Buku karangan Adhitya Mulya ini mengajarkan banyak hal terutama tentang keluarga. Banyak pelajaran yang bisa diambil serta membuka mata dan pikiran akan sesuatu yang mungkin tidak kita pikirkan. Sekilas kehidupan tokoh utama terlihat bahagia dan sempurna terutama dari sisi ekonomi walaupun ada duka yang mendalam di awal cerita. Yang menarik justru bukan kesempurnaan itu tetapi apa yang terjadi dibalik kesempurnaan dan kebahagian yang mereka dapat, bagaimana prosesnya, persiapannya dan langkah yang diambil untuk mencapai kebahagiaan. Dan yang paling menonjol dalam cerita ini adalah sifat kekeluargaan yang memperingatkan kita bahwa betapa pentingnya keluarga.